BAB II
PEMBAHASAN
A.
Cara Membuat Dan Mengedit Tabel Pada Microsoft Word
Tabel
adalah daftar berisi ikhtisar dari sejumlah fakta dan informasi. Biasanya fakta
atau informasi hanya berupa nama dan bilangan yang terususun dalam urutan kolom
dan baris. Tabel merupakan alat bantu visual, di samping grafik dan peta.
sdan lebih menarik daripada dengan kata-kata. Selain itu tabel juga
berfungsi untuk mendukung penulis menyampaikan ide atau gagasan sehingga
dapat memengaruhi dan meyakinkan pembaca.
Cara membuat tabel pada program
Microsoft word sangat mudah, tapi bagi yang belum tahu caranya, membuat tabel
mungkin bias sangat sulit bagi mereka yang belum bias membuat tabel tidak perlu
bingung, dengan mengikuti panduan di bawah ini :
1. Buka program Microsoft word pada computer.
3. setelah
kamu klik tabel, nanti akan muncul jendela seperti di bawah ini :
Number of column adalah untuk
menentukan jumlah kolom, sedangkan untuk number of row adalah untuk menentukan
jumlah baris, masukkan angka sesuai dengan kebutuhan.
contoh di atas adalah dengan jumlah
sebanyak 5 kolom dan 10 baris, setelah memaskkan angkanya. klik OK. maka tabel
akan muncul seperti dibawah ini :
Setiap kali membuat tabel, bentuk
tabel akan rata memenuhi jendela microsoft word, untuk mengecilkan dan melebarkan
kolom tabel caranya adalah dengan mengarahkan mouse pointer kamu pada garis
kolom yang ingin kamu geser, arahkan mouse pointer hingga berubah menjadi panah
dengan dua arah kanan kiri. klik dan tahap pada garis kolom, kemudian tarik ke
kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhanmu. agar lebih jelas perhatikan
gambar di bawah ini :
Merge Cells
Menu merge cells (atau menggabungkan
cells) bisa digunakan jika ingin membuat tabel yang berbentuk seperti ini :
Contoh tabel di atas adalah
menggunakan merge cells, yaitu menggabungkan kolom atau baris menjadi satu,
caranya adalah :
1. Siapkan
tabel kerja.
2. Blok
kolom atau baris yang ingin di gabungkan, (cara meng blog adalah dengan klik
dan tahan mouse pointer pada salah satu kolom atau baris kemudian geser mouse
Pointer kea rah kolom lain) misalnya
seperti gambar di bawah ini :
3. Maka
hasilnya adalah seperti ini :
Langkah di atas adalah untuk
menggabungkan dua baris menjadi satu, untuk menggabungkan kolom pun juga sama,
kamu tinggal menge blog kolomnya dan kemudian pilih menu merge cells seperti
contoh diatas.[1]
B.
Cara
Membuat Equation
Equation editor
adalah sebuah aplikadi MS OFFICE WORD yg fungsinya membantu kita dalam membuat
rumus-rumus matematika,persamaan,akar pangkat kuadrat,rumus kimia,dan
sejenisnya. Equation
atau persamaan, merupakan pernyataan atematis yang sering dijumpai oleh seorang
murid, guru, peneliti atau lainnya. Ketika mereka membahas perihal matematika.
Penulisan sebuah equation atau persamaan pada sebuah dokumen secara manual
adalah hal mudah. Cukup menuluskannya dengan bullpen di buku atau lainnya. Namun
lain halnya ketika anda menulis equation pada sebuah dokumen Microsoft word.
Cara penulisannya tidak dapat menggunakan cara manual seperti hal yang di
lakukan ketika menuluskannya menggunakan bullpen. Sebagian orang ada yang
menggunakan fitur shape untuk menuluskan equation dan ada pula yang lebih
memilih menuluskannya dengan bullpen saja. Sebenanya untuk menulis sebuah
equation di Microsoft word tidaklah sulit ketika sudah mengetahui
langkah-langkahnya. cara penggunaan equation.
Jika anda ingin menampilkan sebuah rumus dan fungsi
matematika seperti logaritma,eksponen,integral dan lainnya ke dalam dokumen
word anda dapat menggunakan simbol equation pada saat mengetik rumus,maka
Equatin Editor akan memfomat secara otomatis setiap elemen rumus yang anda
inginkan dan langsung dapat disisipkan pada dokumen.
Untuk memulai nya adalah sbb:
- Klik tombol equation pada ribbon insert pada group
symbol.sehingga akan timbul pilihan rumus yg disediakan.
- pilih salah satu rumus yg tersedia atau tidak
anda dapat membuat rumus sendiri dengan cara mengklik insert new equation.
- kemudaian akan tampil equation tools,pada group
Structrures akan ada beberapa
pilihan struktur rumus yang
dapat Anda pilih dan isikan..
- setelah itu klik diluar area rumus yang anda buat,maka
rumus yang tadi langsung disisipkan
pada dokumen anda.
Di bawa ini akan dipaparkan cara membuat
equation di microsoft word :
1. Buka
Microsoft Word
2. Klik
“insert”
3. Klik
“Equation”
5. Kemudian klik model persamaan atau
equation yang ingin di gunakan, selanutnya bias mengedit isi persamaan secara
manual.
6. Bila ingin menambahkan symbol ke
persamaan, silahkan klik symbol-symbol yang telah tersedia. Gunakan tanda panah
di samping kotak symbol untuk melihat jenis symbol lebih banyak.[2]
A. Kesimpulan
Cara membuat tabel pada program
Microsoft word
program Microsoft word pada
computer.
klik Menu Table-insert-Table
Menu merge cells (atau menggabungkan cells)
Equation atau persamaan, merupakan
pernyataan atematis yang sering dijumpai oleh seorang murid, guru, peneliti atau
lainnya. Ketika mereka membahas perihal matematika.
B.
Saran
1.
Kita harus
mengenal lebih jauh tentang Microsoft word office dan perkembangannya hingga
sampai saat ini, agar kita tidak krtinggalan jaman.
2.
Pemerintah
kiranya dapat lebih cermat memperhatikan fasilitas yang ada dikampus seperti
lab komputer baik gedung dan perangkatnya
3.
Jika
dibutuhkan pengajar dapat menyiapkan turitorial guna mempermudah proses
pembelajaran.
4.
Tata
letak computer harus ditur baik guna kenyamanan para mahasiswa SUMBER DATA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar