BAB 1
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Dimasa dewasa ini yang terletak di zaman globalisasi atau jg
kita sekarang kita berada di zaman teknologi
yang kita jarang sampai tergiala oleh teknologi tetapi kita harus mampu mengikuti
perkembangan teknologi sekarang ini dan masa akan datang.seperti menulis
surat,makalah,buku,dan skripsi dan lain-lain dulunya di tulis dengan
menisketik,yang sipatnya lambat dan sulit proses pengerjaannya dan hasil tidak
terlalu baik.tetapi sekarang sudah ada namanya computer yang memiliki banyak
keunggulan yaitu hasil bagus,mudah dan cepat selesainya.klaw di computer
terdapat softwere pengolah angka dan kata,pengolah
angka dan kata ,pengolah angka yaitu mikrosoft excel dan kalau pengolah kata
disebut Microsoft word,sebenarnya masih
banyak aplikasi lain tetapi aplikasi tadi adalah aplikasi terbaik di masa ini
yang dibuat oleh perusahan Microsoft coorpion.
B.Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
1.Apa yang di maksud dengan table vivot?
2.Bagaimana cara mengoprasikan table pipot?
BAB II
PEMBAHASAN
A.Pengertian Table Vivot
Secara sederhana pipot table adalah ringkasan dari beberapa
data,di ciptakan untuk memungkinkan analisis secara mudah dari data
tersebut.tapitidak seperti ringkasan yag d buat secara manual dan harus
mengetik satu persatu rumus statistikanya,excel vivot table sangat interaktif,setelah
anda membuat satu dua data,anda akan dapat mudah mengubahnya.
B.Cara menjalankan Table vivot
Berikut ini adalah cara untuk menjalankan table vivot dalam
Microsoft ecel .pertama anda sudah
berada d halaman microsoft excel. kedua buatlah sebuah data mentah,alias data
yang masih belum di olah seperti yang saya buat di bawah ini.
Pembuatan PivotTable
·
Jalankan program Excel 2007 dan buka file latihan yang telah
Anda download tersebut.File ini merupakan file contoh fiktif data-data
transaksi yang terjadi pada suatu minimarket.
·
Pilih range data A1:F43680. Anda bisa
juga menempatkan kursor pada salah satu cell yang berisi data dan kemudian
menekan tombol CTRL +
·
Pada ribbon, klik tab Insert dan pilih
menu PivotTable | Insert PivotTable.
·
Pada dialog yang muncul, pilih New Worksheet, klik
tombol OK.
·
Suatu kotak PivotTable (PivotTable Box) akan muncul
pada sheet baru. Pada kotak tersebut terdapat panel
daftar field (PivotTable Field List) pada posisi sebelah kanan worksheet.Gambar
di bawah ini memperlihatkan tampilan PivotTable dengan enam heading
field yang berasal dari range data yang Anda pilih
sebelumnya.
·
Pada bagian bawah panel terdapat empat kotak area dimana Anda
bisa masukkan field-field yang terdapat pada field list.Fungsi dari
keempat kotak tersebut adalah sebagai berikut :
·
Report Filter : pada kotak ini field akan
digunakan sebagai filter yang mempengaruhi hasil data pada
PivotTable.
·
Column Labels : isi data dari field akan
ditempatkan pada bagian kolom sesuai urutan.
·
Row Labels : isi data dari field akan ditempatkan
pada bagian baris sesuai urutan.
·
Values : nilai field yang terdapat pada kotak
ini akan ditampilkan sebagai perhitungansummary dari count, sum, average,
dan lain-lain.
·
Susunlah penempatan kombinasi field sebagai
berikut:
o
Field nama_kategori ditempatkan pada
kotak Column Labels.
o
Field nama_cabang ditempatkan pada kotak
Row Labels.
o
Field jumlah_unit ditempatkan pada kotak Values.
·
Perhatikan pada saat ditempatkan di kotak Values,
nama field jumlah_unit akan berubah menjadiSum
of jumlah_unit.Ini menunjukkan bahwa field adalah
menggunakan tipe perhitungan sum (penjumlahan)
dari field jumlah_unit.
·
Hasil pengaturan di atas pada area PivotTable akan terlihat
seperti gambar berikut.klik untuk memperjelas gambar.
Dari gambar tersebut, kita dapat melihat betapa mudahnya melihat
laporan penjualan dari tiap kategori produk pada tiap cabang.
Menambahkan Tipe Summary Baru
·
Tambahkan kembali field jumlah_unit ke
kotak Value. Akan muncul field baru dengan namaSum
of jumlah_unit2.
·
Field baru ini memiliki hasil yang sama dengan field sebelumnya. Tentunya bukan ini yang kita inginkan.
Field baru ini memiliki hasil yang sama dengan field sebelumnya. Tentunya bukan ini yang kita inginkan.
·
Kembali ke area Values, klik tombol panah bawah
pada field Sum of jumlah_unit2 pilih menu value field settings
·
Pada dialog yang muncul rubah Sum menjadi Count. Perhatikan
nama field akan
Berubah menjadi count of
unit_2
·
Klik tombol OK.
·
Pada area PivotTable, kita sekarang mendapatkan dua summary yang
berbeda, yakni :
o
nilai total unit penjualan (sum).
o
Jumlah transaksi count
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Microsoft
excel adalah pengolah angka,program kedua yang mendasar dalam suatu computer
setelah Microsoft word,keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari
hari.microsoft excel sangat berguna
untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa di catat dalam program ini.para
ahli computer menciptakannya untuk
memprmudahdalam keuangan dalam kehidupan kita
DAFTAR PUSTAKA
Komputer,wahana.2010.Mengoptimalkan
fungsidan formula excel 2010.jakarta:PT Excel Media komputindo.
Farhan’s .2012 artidan pengertian dan definisi pivot
chat dan pipot table.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar